Sabtu, 26 Februari 2011

belajar sabar

BELAJAR SABAR
Patramantra
(tanpamantra@yahoo.co.id)

Assalamu alaikum wr.wb

Banyak orang selalu menyarankan kita untuk hidup dengan sabar. Menghadapi segala apapun harus dengan sabar. Ada yang mengolongkan sabar ke dalam kategori sifat, watak atau karakter…..yang menjadi pertanyaan, apakah kita bisa mengubah sifat maupun watak kita menjadi orang yang sabar…….?

Mungkin selama ini kita selalu menyangka, kalau orang yang sabar itu tidak bisa marah, tidak mudah tersinggung, tidak pernah kecewa. Ternyata semua dugaan ini salah. Orang sabar itu bisa marah, bisa tersinggung, kecewa, sedih juga. Hanya saja yang membedakan, orang tersebut sudah bisa mengendalikan dirinya. Sehingga ia tidak berlarut-larut terhanyut oleh keadaan emosinya.

Adapun metode yang digunakan untuk mencapai kesabaran antara lain :

1. Metode psikis dan sugesti
yaitu metode penanaman konsep/prinsip, untuk menyadari bahwa :
* KEMARAHAN tidak akan pernah bisa menyelasaikan permasalahan dengan baik.
* KEMARAHAN tidak akan merubah keadaan dalam waktu seketika.
* Apakah sudah tepat dan layak kita marah kepada orang lain ? Padahal dia belum tentu sengaja berbuat untuk menyakiti hati kita.
2. Metode menunda, meredam kemarahan :
* Menarik napas dalam-dalam dan dilakukan berulang-ulang.
* Berdo’a atau membaca istigfar.
* Berwudhu atau mandi.

Hal tersebut di atas adalah beberapa teori dan metode yang bisa kita pakai untuk berlatih mengendalikan emosi.

Suatu ketika ada salah satu teman saya yang merasa heran dan resah dengan dirinya. Karena sudah umur 57 tahun tapi belum juga menjadi orang yang sabar. Dia selalu berteriak mengumpat mengucapkan kata-kata kotor. Marah karena melihat atau mendengar sesuatu yang tidak menyenangkan. Saya hanya menjawab, itu sih gampang. Ganti aja kata dalam mengumpat dengan astagfirullahil adzim, masya allah, ya allah…..dsb. Gampangkan………!!!

Dalam Islam pun sebenarnya sudah diajarkan cara pengendalian diri yaitu melalui puasa Ramadhan. Hal ini dilakukan selama satu bulan penuh dalam setahun. Hanya saja setelah berlatih mengendalikan diri selama satu bulan, apakah masih mau berusaha mengendalikan diri atau tidak…? Jawabanya terserah saudara

1 komentar:

  1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai kebali , namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uangdengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang isengbuka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya sayaragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini sayasu dahmelunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 atau cek websitenya http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/ jika ingin seperti sayasilahkan hubungi uztad.hakimbawazier. 100% memberikan bukti bukan janji

    BalasHapus